Zola Yoana, Menginspirasi Para Lajang Untuk Membuka Hati

by Melita Rahmalia

Semenjak masih di sekolah, Zola Yoana memang sudah senang tentang segala hal yang berhubungan dengan cinta, hubungan, dan romantisme. Ia juga tidak segan-segan untuk memasangkan teman-temannya dalam satu hubungan cinta.

Walaupun tidak pernah merencanakan bahwa hal tersebut akan menjadi profesinya, namun passion tersebut membuatnya mantap untuk mendirikan premium matchmaking service agency di Indonesia, Heart Inc.

Kemantapan ini membuatnya yakin bahwa ia tidak boleh setengah-setengah. All in or all out. Lantas, untuk menunjukkan keseriusannya, ia belajar di Matchmaking Institute New York, Amerika Serikat untuk mendapatkan sertifikasi resmi dari satu-satunya sekolah matchmaking yang secara formal diakui oleh pemerintah negara bagian New York tersebut.

I decided to take the certification, so I will be affiliated with the most utmost in professionalism and strong skills to be love matchmakers,” kata Zola. “I want to grow my business with the right tools, so I will have successful matchmaking company with a set code of ethics and quality standard when it comes to helping people to find and keep love.”

Untuk memiliki sertifikasi sebagai matchmaker ini, Zola belajar tentang integritas, pola hubungan antar manusia, role play of dating, fisiologi, dan berbagai best practices dalam strategi matchmaking. Selain itu, ia juga harus menjelaskan bagaimana ia berencana untuk mengembangkan bisnis matchmaking tersebut. Sebelum mendapatkan sertifikasi, ia harus mendapatkan persetujuan tentang bagaimana ia akan memulai perusahaan matchmakingnya, bagaimana rencana bisnisnya, strategi penjualan, membangun database, membangun media sosial, membangun reputasi kita sebagai expert, dan jika strategi tersebut disetujui, maka baru ia mendapatkan sertifikasi tersebut. Saat ini, baru Zola Yoana satu-satunya matchmaker Indonesia yang secara resmi tersertifikasi dari institute tersebut.

Tinggal di Jakarta membuatnya yakin akan kesempatannya untuk terjun ke bisnis ini. Perusahaan ini menawarkan berbagai services seperti misalnya matchmaking, overseas dating, image makeover, dating coaching, dan melaksanakan berbagai special singles’ events. Banyak orang di Jakarta yang successful, good looking, amazing person, tetapi sayangnya kurang bisa meluangkan waktu untuk menemukan sesama single dan secara rutin bertemu untuk menjalin hubungan.

They are clueless about dating, clueless about where to find another single. They become single longer because simply too busy, too picky and not realistic, and the circle of friends become smaller. My clients are successful and financially secure but they don’t have time to look, and they are tired of using online dating and meeting random people. They are simply looking for long term serious relationship,” jelasnya.

Untuk membantu para kliennya, Zola selalu menekankan untuk ‘open your heart’. “Biasanya, orang sudah ngejudge duluan ketika pertama kali ketemu. Maksud saya dengan membuka hati, kamu bisa menemukan cinta adalah, jangan menghakimi terlebih dahulu dan tidak mau lanjut. Tinggalkanlah kesan yang baik. Chemistry bisa datang di kencan pertama, atau kencan kedua. Dan jika kamu meninggalkan kesan yang baik, siapa tahu dia ternyata merasa belum cocok dengan kamu, namun merasa kamu cocok dengan saudaranya, atau dengan temannya, who knows? Atau mungkin kalian bisa jadi partner bisnis,” ujarnya.

Momen proses perkenalan, atau dating, adalah waktu untuk saling mengenal satu sama lain. Utamanya, yang paling penting dalam menentukan kecocokan, bukan hanya hobi dan ketertarikan kepada hal-hal yang sama. Yang lebih penting adalah memiliki nilai-nilai yang sama dalam hidup.

“How I match people is based on their values in life. If you are only looking for a life partner, I cannot match you with someone who wants to have kids.”

Ke depannya, bukan hanya single di Jakarta yang ingin ia ajak membuka hati. Ia juga ingin membuka cabang sendiri di luar negeri. “Saat ini, I do a lot of partnership with overseas matchmaker, and they can share the profile of their database, if my client wants someone from a specific country,” ujarnya menjelaskan salah satu jenis pelayanannya, “Overseas Dating”. Dalam jangka waktu 3 tahun ini, Zola juga mempunyai harapan untuk bisa membuka cabang di Bali dan Surabaya.

Leave a Comment