Panduan Liburan Keluarga di Melbourne

by Melita Rahmalia

Bingung ingin berlibur ke mana? Ingin menjalani pengalaman yang berkesan bersama keluarga kamu? Coba kunjungi Melbourne. Di bulan Agustus tahun 2017, Melbourne yang terletak di Australia ini kembali terpilih lagi di tahun ini sebagai World’s Most Liveable City. Dan ini bukan hanya untuk yang kedua kalinya, melainkan untuk yang ketujuh kalinya. Survey yang dilakukan oleh The Economist ini juga menyatakan bahwa Melbourne merupakan kota pertama yang memegang peringkat pertama untuk ketujuh kalinya. Sebelumnya, Vancouver, hanya bertahan di posisi teratas selama enam tahun. Nah, penasaran kenapa kota ini terus menerus mendapatkan gelar tersebut? Sebelum merencanakan liburan ke sana, simak beberapa tips berikut tentang kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berlibur bersama keluarga di Melbourne.

1. Café-Hopping

Brother Baba Budan Cafe

Selain terkenal sebagai world’s most liveable city, Melbourne juga dikenal sebagai salah satu sentranya kopi di dunia. Sempatkan untuk memulai hari di Melbourne dengan mengunjungi kafe-kafe terkenal di Melbourne dan menikmati menu brunch dan kopi buatan barista andalnya. Beberapa yang terkenal di antaranya Seven Seeds, Brother Baba Budan dan St. Ali. Jangan khawatir juga tentang kualitas makanannya, karena St. Ali sendiri pernah mendapatkan gelar “Best Food Café” pada tahun 2013 dari The Age Good Café Guide. Alternatifnya, kunjungi Queen Victoria Market, dan setelah belanja sepuasnya, carilah Market Lane Café yang juga pernah memenangkan gelar Best Coffee dari CHEAP Eats tahun 2012.

2. Museum and Arts

Islamic Museum of Australia

Setelah di pagi hari mengisi perut dengan makanan kafe di Melbourne, jelajahi beberapa destinasi seni dan museum yang ada di Melbourne. Ajak keluargamu terkagum-kagum melihat karya seni para artis local dan internasional yang dipajang di National Gallery of Victoria. Kamu dan keluarga bisa belajar bersama untuk mengerti dengan sejarah dan kebudayaan Australia ketika melihat berbagai artifak kebudayaan Aborigin di Melbourne Museum. Senangkan hati keluarga kamu ketika melihat karya seni yang begitu berwarna dan hidup di ArtVo Immersive Gallery dan buat anak-anakmu bermain sepuasnya. Lalu, lihatlah dan belajar bagaimana pengalaman hidup komunitas Muslim yang tinggal di Australia sebagai minoritas di Islamic Museum of Australia, yang juga menyajikan ragam karya seni dunia Islam, mulai dari kaligrafi sampai tekstil.

3. Tech Wonders

VR Plus Studio

Untuk hiburan bagi keluarga kamu, jadwalkan menonton film di IMAX Melbourne, bioskop yang disebut sebagai pemilik the world’s largest screen. Bukan hanya layarnya saja, kualitas sound systemnya pun sangat revolusioner sehingga menyajikan pengalaman menonton film bioskop yang istimewa untuk para pengunjungnya. Untuk take it even further, tantang keluarga kamu untuk sepuasnya “berpetualang” di VR Plus Studio, yang merupakan Virtual Reality Arcade. Berbagai games dan experience virtual ditawarkan di tempat ini untuk memberikan kesempatan para pengunjung merasakan teknologi virtual reality. Di studio virtual reality ini kamu sekeluarga bisa mulai mencoba game atau experience dengan tingkat kesulitan yang termudah, kemudian mulai naik ke tingkat yang lebih menantang.

4. See Melbourne from the Top

Eureka Skydeck 88

Tutup kenangan di Melbourne dengan melihat kota ini dari atas, yaitu dari atas Eureka Skydeck 88. Dari lantai 88 gedung ini, kamu bisa melihat panorama seluruh kota Melbourne. Jangan lupa mengambil fotomu sekeluarga di tempat ini untuk kenang-kenangan kamu ketika kembali ke kota tempat tinggal.

Sumber:
http://www.visitvictoria.com/Regions/Melbourne/Things-to-do/Family
http://www.ladyironchef.com/2012/08/melbourne-cafe-hopping/
http://islamicmuseum.org.au/
https://www.ngv.vic.gov.au/whats-on/exhibitions/current/

Leave a Comment