Memilih Jasa Content Writer: Ketahui 5 Kriteria Penting Ini

by Melita Rahmalia
jasa content writer

        Content writer adalah seorang penulis profesional yang bertugas untuk memproduksi konten-konten menarik online. Konten ini bisa berupa artikel blog, konten di halaman situs bisnis Anda, sosial media, atau apapun konten yang berbasis online. Di era digital dengan semakin banyaknya bisnis yang harus menjual produknya online, maka semakin banyak bisnis yang mencari jasa content writer. Namun, bagaimana sebaiknya bisnis memilih jasa content writer ini?

        Content writer berbeda dengan copywriter. Seorang content writer bertujuan untuk memberikan informasi yang dicari oleh para pembaca, sementara copywriter adalah seorang penulis profesional yang bertujuan untuk membuat pembaca untuk mengambil langkah selanjutnya, seperti yang dibutuhkan dalam berbagai iklan komersil di televisi, radio, online, dan sebagainya. Sementara itu, content writer bertugas untuk memahami informasi apa yang ingin didapatkan oleh pembaca, dan meramu informasi tersebut menjadi bahan bacaan yang menarik dan berguna, sehingga pertanyaan yang dimiliki oleh pembaca pun bisa terjawab.

Di artikel ini, Anda bisa mengetahui lebih lanjut kriteria apa yang harus diseleksi ketika Anda memilih jasa content writer. Kita akan membahas 5 kriteria penting diantaranya.

1. Ketahui Problema Bisnis Yang Bisa Dibantu Oleh Jasa Content Writer

jasa content writer
Photo by Scott Graham Unsplash

Ketika memilih jasa content writer, penting untuk Anda mengetahui problema bisnis yang sebenarnya sedang Anda hadapi. Apakah prioritas yang ingin Anda tetapkan? Jika Anda mencari seorang yang bisa menulis iklan Facebook ads Anda, atau iklan YouTube Anda, maka Anda perlu mencari seorang copywriter. Begitu juga jika Anda ingin membutuhkan penjualan melalui landing page, e-commerce, dan sebagainya.

Problema bisnis yang bisa dibantu oleh pemberi jasa content writer misalnya adalah jika Anda ingin memberikan nilai lebih berupa informasi dan edukasi untuk para calon pembeli produk Anda, ingin membangun otoritas brand Anda untuk topik yang dianggap penting untuk para calon pembeli produk Anda, serta ingin meningkatkan brand awareness untuk merek Anda di kalangan orang-orang yang sering mencari tahu tentang topik seputar bisnis Anda.

Jika prioritas Anda sesuai dengan penjelasan yang ada di paragraf sebelumnya, maka memilih jasa content writer adalah langkah yang tepat untuk bisnis Anda.

Content writer adalah peranan penting dalam content marketing, sebuah strategi marketing yang membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik perhatian para audiens yang dituju. Content marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama. Maka itu, konten yang dibuat harus relevan dengan kehidupan mereka, agar tercipta perasaan butuh, yang akhirnya memunculkan kedekatan emosi dengan konten yang dibuat.

2. Ketahui Apa Yang Ditawarkan oleh Jasa Content Writer

jasa content writer
Photo by Christin Hume Unsplash

Ketika Anda mengevaluasi beberapa pilihan jasa content writer, pastikan bahwa Anda mengetahui apa yang bisa ditawarkan, dan apakah penawaran tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, apakah bisnis Anda bergerak di bidang kecantikan? Pilihlah content writer yang memang paham tentang bagaimana menulis konten yang menarik tentang berbagai produk kecantikan.

Anda seorang Certified Financial Planner yang ingin menawarkan jasa Anda? Pilihlah seorang content writer yang memang seorang ahli dalam membuat tulisan ekonomi dan keuangan, misalnya seorang content writer yang mempunyai latar belakang pernah menjadi wartawan di media ekonomi dan keuangan.

Contoh lainnya, apakah Anda harus mengandalkan pendapatan dari online? Maka Anda membutuhkan seorang content writer yang memang paham bagaimana memaksimalkan conversion dari konten SEO yang Anda miliki.

Tentu saja, kebutuhan ini bukan hanya tentang topik yang dikuasai oleh content writer. Ketahui sebanyak mungkin, nilai apa saja yang dimiliki oleh sang content writer. Apakah Anda tidak terlalu mementingkan penguasaan topik, karena ide konten bisa diolah dari Anda, namun Anda memerlukan orang yang bisa menulis dengan baik? Maka lebih penting untuk Anda mencari seorang content writer yang mempunyai kemampuan penulisan, tata bahasa, dan penyuntingan yang baik dan mempunyai pengalaman yang ekstensif tentang hal tersebut. Apakah Anda membutuhkan orang yang bisa konsisten dan cepat dalam memproduksi konten? Maka carilah content writer yang bisa memberikan Anda hal tersebut.

Bagaimana cara mengetahuinya?

3. Ketahui Track Record

jasa content writing
Photo by Kaitlyn Baker Unsplash

Ketika mengevaluasi atau memilih jasa content writer, cari tahu pekerjaan apa saja yang dilakukan sebelumnya. Ketahui siapa saja klien sebelumnya yang pernah dilayani, topik-topik apa saja yang pernah dilakukan, begitu juga hasil pekerjaannya sebelumnya.

Sebisa mungkin, pastikan untuk melihat karya-karya tulisan sebelumnya, untuk mendapatkan gaya penulisan sang content writer. Apakah sesuai dengan gaya penulisan yang Anda inginkan untuk bisnis Anda?

Ketahui juga sudah berapa lama content writer berkecimpung dalam dunia penulisan. Tentunya, semakin lama mereka berkarir dalam bidang penulisan, atau khususnya dalam dunia content marketing, semakin paham mereka untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda melalui konten-konten yang menarik.

Pastikan bahwa Anda selalu meminta portfolio atau sampel pekerjaan yang pernah dilakukan sebelumnya. Jika ada, mintalah contoh penulisan untuk klien yang berada di industri yang sama dengan bisnis Anda, atau sesuatu yang masih berhubungan dekat/mempunyai sifat yang sama dengan industri Anda.

4. Ketahui Testimonial Pengguna Sebelumnya

jasa content writing
Photo by Andrew Neel Unsplash

Sebisa mungkin, mintalah beberapa testimoni atau referensi dari klien-klien content writer sebelumnya.

Jika tidak ada yang bisa diberikan, maka Anda patut mempertanyakan atau lebih skeptis lagi dengan kualitas content writer tersebut.

Jika Anda memiliki beberapa testimoni atau referensi, setidaknya Anda bisa mengambil keputusan berdasarkan alasan yang jelas dan masuk akal.

Semakin banyak dan semakin bagus testimoni yang diberikan, khususnya jika testimoni tersebut memang asli dan tidak direkayasa, maka semakin mungkin juga content writer tersebut mampu memberikan hasil kerja yang memuaskan untuk bisnis Anda. 

5. Ketahui Harga & Lingkup Kerjanya   

jasa content writing
Photo by Kaleidico Unsplash

Terakhir, pastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki, dan juga mampu memberikan lingkup kerja yang Anda butuhkan untuk memberikan nilai kepada bisnis Anda. Misalnya, jika Anda memilih content writer yang terlalu murah, dikhawatirkan mereka hanya menggunakan template artikel dan memodifikasinya, sehingga tidak banyak nilai bisnis yang bisa diberikan kepada bisnis Anda.

Contoh lainnya, misalnya Anda membutuhkan mereka untuk riset, mencari ide topik, dan memastikan bahwa semua tata bahasa dan data yang dimasukkan adalah benar, maka pastikan bahwa mereka sudah memasukkan semua jasa tersebut dalam harga final yang diberikan kepada Anda. Jangan sampai Anda sudah senang karena harganya yang murah, namun mereka menolak untuk melakukan pekerjaan yang Anda butuhkan, karena “tidak termasuk dalam harga” dan Anda harus membayar lebih lagi jika membutuhkan mereka untuk melakukan hal-hal tersebut.

Terakhir, pastikan bahwa Anda telah membicarakan ekspektasi kerja kepada mereka. Misalnya, jika ada timeline tertentu, atau panjang kalimat tertentu, maka jangan lupa untuk mencapai kesepakatan dalam hal tersebut. Jangan sampai ada ekspektasi kerja yang belum tersampaikan sehingga ada berbagai kekecewaan yang dirasakan oleh semua pihak. Semakin lancar proses melakukan pekerjaannya, tentunya semakin lancar juga bisnis Anda bisa berjalan. Mudah-mudahan!

MelitaRahmalia.com – Jasa Content Writer Berpengalaman

Jika Anda mencari jasa content writer yang berpengalaman, silakan hubungi saya di halaman Contact.

Melita Rahmalia adalah seorang Content Manager di sebuah start-up fintech syariah dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang konten.

Selain itu, ia juga menerima freelance projects dari digital agency untuk mengerjakan website copywriting, ad-hoc corporate writing projects seperti buku, kartu ucapan, serta LinkedIn content untuk kepentingan employer branding perusahaan.

Ia memulai karirnya dengan menjadi editor di salah satu majalah komunitas Indonesia (OZIP) di Melbourne, Australia, blogger di Rantang.com.au, yang diproduksi oleh Radio Australia, sebuah divisi dari Australia Broadcasting Corporation, internship di Kompas Cyber Media, dan sebagai content writer untuk sebuah online travel agency.

Sebelum menjalani pekerjaannya sekarang, ia menjadi Business Development Manager untuk mengembangkan lini bisnis commercial content projects (Advertorial, Influencer Content, dan Branded Content) di sebuah online media, dan Deputy General Manager di sebuah agency content, copywriting dan translation.

Silakan cek LinkedIn saya di sini untuk mengetahui track record pekerjaan dan juga testimonial dari beberapa klien dan rekan kerja saya sebelumnya.

Silakan cek contoh tulisan saya di halaman Portfolio (atau kontak saya jika ingin melihat project lainnya yang tidak ada di halaman tersebut!).

Harga Jasa Content Writer Melita Rahmalia:

  1. Penulisan konten LinkedIn untuk Employer Branding Anda: Rp350.000,- / post
  2. Penulisan website content writing: Rp8.500.000,- untuk 2 bahasa (English dan Bahasa Indonesia), include: data collection, interviews, proofreading and editing, revision up to 3 times.
  3. Penulisan blog writing: Rp500.000,- / blog article.
  4. Penulisan IG Caption Package: Rp3,500,000,- / 12 posts.

Atau jika Anda punya project penulisan lainnya, silakan hubungi saya langsung di halaman Contact!

Terima kasih!

Leave a Comment