6 Tips Untuk Jaga Romantisme Hubungan Kamu

by Melita Rahmalia

Apakah kamu sedang menjalani long-term relationship atau pernikahan yang sudah berlangsung cukup lama? Kalau iya, tentu kamu paham betapa sulitnya menjaga kualitas “spark” dalam hubungan. Menurut Zola Yoana, founder Heart Inc., sebuah matchmaker service di Jakarta, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan supaya kualitas romantisme hubungan kamu terus bagus, dan tidak hanya selama tahun pertama saja.

1. Realize It’s a Teamwork

Untuk bisa berhasil menjaga spark dalam hubungan, kamu harus sadar prinsip it takes two to tango!  Kamu harus berkomitmen untuk bersama-sama dengan pasanganmu menjaga romantisme dalam hubungan. Selain itu, kamu harus bisa mengingatkan pasangan kamu bahwa dia juga perlu berusaha. Buat koneksi diantara kalian berdua tetap kuat dengan saling berusaha dan saling mengingatkan.

2. Daily Romance

Hidupkan romantisme dengan selalu melakukan sesuatu yang menunjukkan perasaan cinta dan sayang kamu kepada pasangan kamu setiap hari. It doesn’t have to be a big gesture, tapi yang pasti harus konsisten. Jangan hanya berlaku romantis ketika kamu butuh, atau ketika momen-momen spesial saja. Pelihara rasa yang ada dengan tetap melakukannya setiap hari, walaupun hanya dengan hal-hal kecil.  When you keep the romance, it will keep the spark alive, for sure.

3. Regular Date Night

Tunjukkan hubungan kalian adalah prioritas kamu yang paling penting, dengan selalu meluangkan waktu untuk “date night” secara rutin. Habiskan waktu bersama dengan memberikan perhatian kamu sepenuhnya kepada pasangan. Bisa sekali seminggu atau dua kali sebulan, namun pastikan jadwalnya pas untuk kalian berdua. Pastikan kamu punya waktu yang cukup untuk quality time bersama, mengobrol, enjoying the moment together, dan bicarakan apa yang perlu dibicarakan. Feeling grumpy because of office problems? Atau feeling some kind of emotional baggage with what he said last time? Ini saatnya untuk review hubungan dan emosi kamu, sehingga kamu selalu bisa merasa yang terbaik.

4. Keep Boundaries

Dalam sebuah hubungan yang sudah berlangsung lama, seringkali pasangan merasa perlu tahu segala hal tentang pasangannya. Perasaan mencintai selalu mendorong pemiliknya untuk ingin memupuk kedekatan dan keakraban. Namun, di lain pihak, gairah cinta justru bisa semakin muncul ketika kita merasa masih begitu banyak hal yang belum kita ketahui. Ketika pasangan kita masih bisa membuat kita terkejut dengan menyenangkan. Ketika pasangan kita masih mampu memicu rasa penasaran kita. Nah, untuk hubungan jangka panjang, cobalah untuk menjaga keseimbangan antara kedekatan dan menjaga batasan ranah pribadi kita. Usahakan tetap selalu mempunyai sisi pribadi, sisi independenmu. Jaga hakmu untuk tetap mempunyai waktu sendiri masing-masing. Dan, tentunya, tidak semua hal yang kamu alami, rasakan, dan ketahui harus diceritakan. Bangunlah batasan itu. Boundaries is very important in long term relationships. Sometimes it helps to have a bit of mystery in a relationship, and that means having the boundaries. 

5. Have Fun

Perasaan bergairah dalam hubungan romantis tentu tidak bisa dipisahkan dengan perasaan ingin saling menyenangkan. Cobalah untuk menjaga agar hubungan tetap fun dengan selalu menjaga persepsi yang positif tentang pasangan kamu. Selalu selipkan humor dan waktu untuk bercanda bersama ketika kamu bersama pasanganmu. Jika ada kesempatan, cobalah aktivitas baru bersama-sama yang dijamin membuat kamu bisa ketawa-ketawa bareng atau jalan-jalan ke tempat baru yang menyenangkan. Having fun is the key to awesome romance. 

6. Be Open

Last but not least, menurut Zola, be always open about your fantasy and sexual needs. Karena pemenuhan kebutuhan seks merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah hubungan, maka wajib untuk pasangan untuk menjaga passionate bonding diantara mereka agar tetap kuat. Caranya? Dengan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan emosional dan seksual satu sama lain. Dan, tentunya kita harus bisa memberikan pasangan kita kesempatan untuk memenuhi kebutuhan kita dengan selalu berkomunikasi secara terbuka dengan pasangan.

Menjaga hubungan supaya berlangsung baik dalam jangka waktu panjang bukanlah hal yang sulit, asal kita bisa komitmen menjalankan hal-hal di atas dengan baik secara konsisten. Have fun trying to implement those tips for your love life! 

Leave a Comment