5 Buku Untuk Kamu Belajar Tentang Hubungan

by Melita Rahmalia
gambar hati di bangku

Hai readers! Apakah kamu termasuk orang yang percaya bahwa mempunyai hubungan yang baik perlu proses yang nggak instan? Kalau iya, berarti kita sama dong. Saya percaya bahwa bahkan orang yang nggak pernah berhubungan sebelumnya bisa belajar dan mempunyai hubungan yang baik melalui proses yang panjang.

Untuk saya sendiri, saya selalu menargetkan baca beberapa buku tentang hubungan yang bisa membantu saya ketika nanti ada kesempatan praktek, hehehe. Karena saya sudah ngelihat sendiri betapa pernikahan banyak banget ujiannya, tapi gak ada sekolahnya.

Yuk simak 5 buku target bacaan saya untuk belajar tentang hubungan.

1. Attached : The New Science of Adult Attachment and How It Can Help You Find and Keep Love by Amir Levine, MD and Rachel S.F. Heller, M.A.

Menurut buku ini, ada tiga tipe jenis attachment yang dimiliki manusia. Ada tipe anxious, avoidant, dan secure. Buku ini membagi tipe ini karena adanya perbedaan dalam hal pandangan tentang kedekatan, bagaimana cara mereka mengatasi konflik, attitude terhadap seks, kemampuan untuk mengomunikasikan harapan dan kebutuhan mereka, serta ekspektasi mereka dari pasangan dan hubungan yang mereka miliki.

Kamu termasuk tipe yang anxious kalau ternyata ketika kamu dalam satu hubungan kamu selalu khawatir apakah pasangan kamu bisa mencintaimu seperti kamu mencintai mereka, pikiran kamu biasanya terdominasi oleh keadaan hubungan kamu, dan kamu selalu craving untuk bisa dekat dan intim dengan pasangan kamu.

Sementara avoidant adalah tipe yang sebaliknya. Menurut si tipe avoidant, ketika kamu dekat dan intim dengan seseorang, maka kamu beresiko untuk kehilangan kemandirian kamu. Karena kemandirian kamu adalah segalanya, kamu berusaha dengan sekuat tenaga untuk meminimalisir kedekatan kamu dengan pasangan.

Tipe yang ketiga, tipe secure, nyaman dengan kedekatan dan selalu bisa warm and loving dengan pasangannya.

Nah, kamu dan pasangan kamu, yang mana? Lewat buku ini, kamu akan diajak bisa lebih mengerti manakah tipe kamu, apa penyebabnya, dan bagaimana kamu bisa menjalani hubungan dengan lebih baik tanpa harus menyakiti pasangan. Juga dijelaskan secara detail bagaimana bisa menjaga hubungan antara dua tipe yang bertolak belakang dan bagaimana mengidentifikasi pasangan yang pas untuk kamu.

2. The Truth: An Uncomfortable Truth About Relationship by Neil Strauss

Neil Strauss adalah seorang pria yang sukses sebagai penulis bestseller buku The Game, buku yang mengajarkan beberapa generasi pria menjadi “the pick up artist”. Setelah sukses menjadi seorang pick up artist and a real player of the game, Neil mulai merasa ada yang salah dengan hubungannya. Ia menjadi kecanduan seks dan kemudian memilih untuk menjalani rehabilitasi untuk pecandu seks setelah ia masih saja selingkuh setelah jatuh cinta dengan seorang perempuan. Buku ini adalah catatan perjalanan proses seorang Neil Strauss dari seorang yang kecanduan seks menjadi seseorang yang bisa menjalani hubungan yang sehat dan saling menghormati. Tadinya, ia bahkan ingin menamakan buku ini “Game Over”. Kisah Neil ini bisa menjadi bahan renungan tentang kesulitan yang akan kamu hadapi dalam mempertahankan sebuah hubungan. Semoga kamu bisa terinspirasi dari perjuangan Neil Strauss ya!

3. 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts by Gary Chapman

Menurut Gary Chapman, setiap orang punya kriteria tersendiri tentang bagaimana ia ingin dicintai. Ia membaginya dalam 5 kategori: words of affirmation (dengan kata-kata verbal), physical touch (sentuhan fisik), quality time (menghabiskan waktu dan melakukan kegiatan bersama-sama), acts of services (diberikan bantuan yang memudahkan hidup) and receiving gifts (menerima hadiah). 

Kalau kamu tidak merasa dicintai oleh pasangan kamu, bisa jadi karena cara pasangan kamu mengungkapkan rasa cintanya ternyata nggak sesuai dengan apa yang kamu butuhkan untuk merasa dicintai. Nah, kamu dan pasangan bisa ambil kuisnya online di http://www.5lovelanguages.com/profile/ kemudian baca lebih lanjut di bukunya tentang apa yang harus kamu lakukan untuk satu sama lain, supaya masing-masing selalu merasa dicintai.

4. The Seven Principles for Making Marriages Work by John Gottman

I have always been a big fans of John Gottman! Sebagai seorang peneliti dalam bidang psikologi, John Gottman selalu berusaha menawarkan tips-tips untuk menjaga hubungan yang berdasarkan penelitian dan data. Saya sudah membaca tiga bukunya, What Makes Love Last, Why Marriages Succeeds or Fail and How You Can Make Yours Last, dan 10 Lessons to Transform Your Marriage. The next book yang ada di daftar saya adalah bukunya yang berjudul The Seven Principles of Making Marriages Work yang memuat 7 prinsip dasar pernikahan yang menurut penelitiannya telah berhasil membuat pernikahan banyak orang bertahan lama. Apa saja tipsnya?

Pertama, perhatikan hal-hal yang disukai oleh pasangan dan tunjukkan bahwa kamu menghormatinya. Kedua, jaga selalu perasaan atau alasan kenapa kalian bisa saling menyayangi dan menyukai. Ketiga, ketika pasangan kamu membutuhkan kamu, jangan lupa tunjukkan bahwa kamu ada untuk dia. AKA, jangan dicuekin. Keempat, biarkan pasangan kamu mempengaruhi kamu, Kelima, pecahkan masalah yang memang bisa dan sangat mungkin dipecahkan, jangan dibiarkan berlarut-larut. Keenam, selesaikan apa yang sering menyebabkan kamu berdua clash. Ketujuh, ciptakan kenangan-kenangan dan makna bersama dalam hubungan kalian.

Nah, itulah sekilas tips dari John Gottman. Mau tahu lebih lanjut, silakan baca bukunya sendiri ya.

5. How to Be Married by Jo Piazza

Jo Piazza adalah seorang jurnalis perempuan yang bekerja sebagai seorang travel editor. Buku ini ia tulis untuk bahan pembelajarannya sendiri. Sebagai seorang travel editor, tentu ia memiliki keleluasaan pergi ke lima benua. Ia pun mengumpulkan nasihat-nasihat pernikahan dari para perempuan yang ia temui di lima benua tersebut. Buku ini terbagi dalam 15 bab, setiap babnya memuat pelajaran yang berbeda dari negara yang berbeda. Jadi, ada total 15 negara yang ia bahas di buku ini. You don’t have to go to all those countries, though it would be nice, but you will hear all about her journeys to learn about marriage. Get ready to be surprised! 

Photo by Jamez Picard on Unsplash

Leave a Comment